SIFAT KOLIGATIF LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Loading

 SIFAT KOLIGATIF LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

Kompetensi Dasar

3.2 Membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan nonelektrolit

4.2 Menganalisis data percobaan untuk menentukan derajat pengionan         

          

Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar 

1. Membedakan  sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan non elektrolit

2. Merumuskan  faktor Van’t Hoff

3. Menghitung sifat koligatif larutan elektrolit menggunakan faktor Van’t Hoff

Materi Pembelajaran

PETA KONSEP

1. Sifat Koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit

   Zat elektrolit jika dilarutkan akan terionisasi menjadi ion-ion yang merupakan partikel-partikel di           dalam larutan ini. Hal ini menyebabkan jumlah partikel pada satu mol larutan elektrolit lebih banyak     daripada larutan nonelektrolit. Sehingga untuk molaritas yang sama larutan elektrolit mengandung         jumlah partikel yang lebih banyak daripada larutan nonelektrolit. Van’t Hoff menggunakan faktor i         untuk menyatakan hubungan sifat koligatif larutan elektrolit dan nonelektrolit.

                                Tabel 1.1 Harga i untuk penurunan titik beku larutan elektrolit.

   Harga i di atas ditetapkan secara eksperimen untuk tiap jenis elektrolit pada berbagai molaritas.               Sekali  i ditentukan, maka i dapat digunakan untuk menghitung sifat koligatif yang lain dengan               memakai hubungan

     Tabel 1.2  Perbedaan rumus sifat koligatif larutan elektrolit dan larutan  nonelektrolit 

2. Faktor Van’t Hoff 

    Menurut ilmuwan Swedia bernama Svante Arrhenius, suatu larutan terurai menjadi ion    positif dan      ion negatif. Misalkan pada larutan NaCl maka akan terionisasi menjadi ion Na+ dan ion Cl

NaCl(aq Na+
(
aq) + Cl (aq)

    Bagaimana hubungan harga i dengan derajat ionisasi (α )? Besarnya derajat     ionisasi (α )                      dinyatakan sebagai berikut.

    Untuk larutan elektrolit kuat, harga α mendekati 1 sedangkan untuk elektrolit  lemah harga α berada      di antara 0 dan 1 (0 < α < 1)

    Misalkan sebuah partikel elektrolit A mengion menjadi n ion B

                                       A (aq)     ⇄   n B (aq) 

    Mula-mula      :            m                     –

    Bereaksi          :             m α           n m α  

    ———————————————————- 

    Setelah reaksi :    m – m α            n m α 

    Maka konsentrasi partikel dalam larutan adalah

               = konsentrasi partikel elektrolit A  +  konsentrasi ion-ion B

                     = (m – m α + n m α ) 

                     = m (1+n α – α) 

                     = m [1+ (n – 1) α ]               harga [1+ (n – 1) α ]   disebut dengan faktor Van’t Hoff (i)

                     = m x i                               

    Keterangan  : 

         n = jumlah ion yang dihasilkan hasil ionisasi suatu elektrolit 

         α = derajat ionisasi larutan elektrolit 

    Dari rumusan faktor Van’t Hoff, dapat disimpulkan bahwa i = n, jika elektrolit kuat (α = 1). 

    Contoh :

    CaCl2 (aq) → Mg2+(aq) + 2 Cl(aq)

   Dari persamaan reaksi ionisasi CaCl2, dihasilkan satu ion Ca 2+ dan dua ion Cl-  (n = 3) dan CaCl2       mengalami ionisasi sempurna (α = 1), sehingga : 

i = [1+ (n – 1) α ] 

i = [1+ (3 – 1) 1 ] 

i = [1+ (2) 1 ] 

i = [1+ 2 ] 

     = 3

     Contoh:

     Dua gram NaOH dilarutkan dalam 200 gram air pada suhu 27 oC. Jika larutan itu terionisasi                   sempurna(Mr = 40), maka tentukan:

     a. titik didih,

     b. titik beku,

     c. tekanan osmosis.

        Kb air = 0,52 °C molal-1dan Kf air = 1,86 °C molal-1

     Jawab

     a. Tb = Kb x m x  i

               = Kb x massa x 1000 x [1+ (n – 1) α ]

                             Mr           p

               = 0,52  x   2    x  1000  x [1+ (2 – 1) 1 ]

                                40        200 

               = 0,52 x 0,05 x 5 x 2

               = 0, 26

         titik didih larutan = titik didih pelarut + ∆Tb

                                         = 100 °C + 0,26 °C

                                         = 100,26°C

     b.  ∆Tf = Kf x m x i

                 = Kf x massa x 1000 x [1+ (n – 1) α ]

                               Mr          p

               = 1,86  x    2    x  1000  x [1+ (2 – 1) 1 ]

                                40         200 

               = 1,86 x 0,05 x 5 x 2

               = 0, 93

         titik beku larutan = titik beku pelarut – ∆Tf

                                     = 0 – 0,93 °C

                                     = –  0,93 °C

      c.  П  =   MRT        Massa jenis air adalah 1, maka massa air = volume air

                = massa x 1000 x R x T

                     Mr           v

                =    x  1000  x 0,082 x (27 + 273)

                   40        200 

                = 0,05 x 5 x 0,082 x 300

                = 6,15 atm

          Latihan

         1. Titik didih beku larutan CaCl2 0,6 m adalah – 0,96 °C. Jika Kf air = 1,86 °C molal-1 . Hitung                 derajat ionisasi.

         2. Pada suhu 37 °C ke dalam air dilarutkan 1,71 gram Ba(OH)2  hingga volume 100 mL (Mr                       Ba(OH)2  = 171). Hitung besar tekanan osmotiknya! (R = 0,082 L atm mol-1K-1)

DAFTAR PUSTAKA

Sudarmo, Unggul. 2014, Kimia untuk SMA /MA kelas III, Surakarta, Erlangga

Mendera,Drs. H. I Gede, M.T. 2020, Modul Pembelajaran SMA Kimia Kelas XI, Kemendikbud

Sutresna, Nana.2016, Aktif dan Kreatif Belajar Kimia Untuk Sekolah Menegah Atas/Madrasah Aliyah Kelas XII peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam, Bandung, Grafindo Media Pratama.

Utami. Budi dkk,  2009. Kimia  Untuk Untuk SMA dan MA Kelas XII.Ilmu Pengetahuan Alam , Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.  

Partana. Crys Far dan Wiyarsi, Antunidkk,  2009. Mari Belajar Kimia  Untuk Untuk SMA dan MA Kelas XII, Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.  

Sukmanawati, Wening. 2009. Kimia Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 

Pangajuanto, Teguh dan Rahmidi, Tri. 2009. Kimia 3 Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *